Diberdayakan oleh Blogger.

about

Pengikut

RSS
Container Icon



MAKALAH 
PEMBELAJARAN MATEMATIKA di SD
BANGUN DATAR TRAPESIUM

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Matematika
Dosen pengampu: Budhiharti, M.Pd.





Disusun oleh:
1. Agus Trianti                        (12144600008)
2. Akbar Siam Sulistianto       (1214460000)
3. Siti Apriyani                        (12144600037)
4. Fachurahman                       (12144600038)
Kelas A1-12

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2013
BAB I
PEMBAHASAN

A.    DEFINISI  TRAPESIUM
            Trapesium adalah bangun segi empat yang mempunyai tepat sepasang sisi yang berhadapan sejajar. Pada trapesium, sisi-sisi yang sejajar disebut sebagai alas trapesium. Sedangkan pasangan sudut yang memiliki kaki sudut pada sisi alas yang sama disebut pasangan sudut alas.
           

B.     JENIS – JENIS  TRAPESIUM

Secara umum ada tiga jenis trapesium sebagai berikut,
a.         Trapesium sebarang
            Trapesium sebarang adalah trapesium yang keempat sisinya tidak sama panjang. Pada gambar di samping, AB // DC, sedangkan masing-masing sisi yang membentuknya, yaitu AB, BC, CD, dan AD tidak sama panjang.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpvVZ6SFdQ6Liiw487axUUa2V_OSyhX7pllZWWeMry4XP4p6Ua0BAk31wHievMnKPa-mSY9N2bxbopP7ZmJowREASE7Zi6I-_vMGZWXK1s_a3yBSa-74D8wp29oAh3sF6Wl7TlWO6Xfge3/s1600/trapesium1.png

b.         Trapesium sama kaki
          Trapesium sama kaki adalah trapesium yang mempunyai sepasang sisi yang sama panjang, di samping mempunyai sepasang sisi yang sejajar. Pada gambar di samping, AB // DC dan AD = BC.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlzWHHDRZGAlXUt6HAXGga9c76l6_ckGF2gy2RCsmGIRhjkc_ZmhprVFBj7Oq7fDAfdyM1ySuO7060vFK-njVZd4cbSeivtRkRsdm7PxXufa-dPiEm3Zu1it-UqSqUAsFKLmP0ylN9Xfh5/s1600/trapesium2.png

c.         Trapesium siku-siku
          Trapesium siku-siku adalah trapesium yang salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku (90°), selain AB // DC, juga tampak besar sudut DAB = 90° (siku-siku).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihH-yV6oHo4vK2NkpSDQn0MQR15QxNRUW6O7vXshCxbZ6P0_S-y2PlAK7huPkWfQYj6DFQj4STPNGtqm3TaNmHooyAKKEsY-PnZKnFIw_LbKvO2fRmtUeGC8BwmcaSPIgcIcsQ-D5Otfia/s1600/trapesium3.png

C.    Sifat-sifat trapesium
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXjj2tq5hOFp6KZGMdZF-K3vc1Bfe9wBJC-Sa5CiRoqNdOu87wNfax6WIPpns3DehYsrmaGUex5e58wcdo4G9zc9zHoppOiULPlfk4w0_bzuhJejcJPp2L9hKlpF94zLhMdb1uY8efKiQg/s1600/trapesium4.png
Pada gambar tersebut menunjukkan bangun trapesium ABCD. Karena AB sejajar DC (AB // DC), maka diperoleh
a.     sudut DAB dalam sepihak dengan sudut ADC, sehingga sudut DAB + sudut ADC      = 180°.
b.     sudut ABC dalam sepihak dengan sudut BCD, sehingga sudut ABC + sudut BCD =    180°.

                        Secara umum dapat dikatakan bahwa jumlah sudut yang berdekatan di antara dua sisi sejajar pada trapesium adalah 180°.

Trapesium

Trapesium sama kaki mempunyai ciri-ciri khusus, yaitu
1.  diagonal-diagonalnya sama panjang;
2.  sudut-sudut alasnya sama besar;
3.  dapat menempati bingkainya dengan dua cara.
Trapesium Sama Kaki

D.    MENEMUKAN DAN MENANAMKAN KONSEP RUMUS LUAS DAN KELILING

1.    LUAS TRAPESIUM
a.    LUAS TRAPESIUM  1
1.    Membuat  sebuah trapesium


2.     Memberi nama  sisi atas trapesium dengan a, sisi bawah dengan b, sisi kiri dengan c, sisi kanan dengan d.
3. Membuat duplikat dari trapesium tersebut


4.    Membentuk  2 trapesium menjadi sebuah persegi panjang

                                                                                  
5.    Dari gambar tersebut terlihat bahwa jumlah sisi atas (a) dan sisi bawah trapesium (b) sama dengan panjang dari persegi panjang dan tinggi trapesium sama dengan lebar dari persegi panjang.

6.    Sehingga mendapatkan luas persegi panjang sama dengan luas 2      trapesium.
                        1 persegi panjang                    =          2  trapesium
                        Luas persegi panjang               =           panjang x lebar
                                                                              =            (a + b) x t
                              Luas trapesium                       =           
                                                                         =           

b.    LUAS TRAPESIUM 2
1.        Menggambar dua buah trapesium siku-siku yang konkruen
2.        Menyusun kedua trapesium tersebut sehingga benbentuk         persegi panjang
3.        Ternyata luas dua trapesium = luas satu persegi panjang
4.        t trapesium =  l  persegipanjang, dan  jml sisi sejajar     trapesium  =  p            persegi panjang
5.        uas persegipanjang = p ´ l, maka :
       Luas 2 trapesium,
       L = (jml sisi sejajar ´ tinggi)
       Luas 1 trapesium
       L = ½ × (jml sisi sejajar ´ tinggi)


 




c.     LUAS TRAPESIUM 3
1.   Menggambar  sebuah trapesium siku-siku dengan satuan ukuran petak alas dan  tinggi sembarang
2.   Memotong menurut sisi-sisi trapesium lalu memisahkan dari kertas petak
3.   Memotong  trapesium menurut garis setengah tinggi trapesium sehingga menjadi dua buah trapesium kecil
4.   Membentuk kedua potongan tersebut  menjadi bentuk persegi panjang
5.   Ternyata, luas trapesium = luas  persegipanjang.
    l persegipanjang = ½ t trapesium, dan
    p persegipanjang = jml sisi sejajar trapesium.
6.   Luas persegipanjang = p ´ l, maka :
     Luas trapesium,
     L = jml sisi sejajar ´ ½ tinggi      


 









d.         LUAS TRAPESIUM 4
1.   Menggambar sebuah trapesium dengan alas dan tinggi sembarang
2.   Menghitung jumlah petak pada jajar genjang tersebut
3.   Memotong antara sisi sejajar tepat pada ½ tinggi sehingga menjadi dua bangun datar
4.   Membentuk kedua potongan menjadi jajar genjang
5.   Trapesium sudah berubah bentuk menjadi jajar genjang
6.   Trapesium sudah berubah bentuk menjadi jajar genjang
7.   Sisi “a” dan sisi “b” disebut sebagai sepasang sisi sejajar trapesium
8.   Sepasang sisi sejajar trapesium sekarang menjadi sisi alas jajar genjang (a+b), dan ½ t trapesium menjadi tinggi jajar genjang
9.   Maka rumus Luas trapesium dapat diturunkan dari rumus Luas jajar genjang, yaitu :
     L jajar genjang   =  axt maka
L trapesium        = jumlah sisi sejajar x ½ tinggi
                                           = (a+b) x   atau  x (a+b)
              
               Sisi “a” 3 satuan
             
 Tinggi trapesium 2 satuan
    
             Sisi “b” 6 satuan

                    
                     T  jajar genjang = ½ t trapesium


                                            
  



        t jajar genjang = ½ t trapesium

e.     LUAS TRAPESIUM 4
1.   Gambar dua buah trapesium yang kongruen dengan alas dan tinggi sebarang !
2.   Hitung jumlah petak pada jajar genjang tersebut !
3.   Sisi “ a “ dan sisi “ b “ selanjutnya disebut sebagai sepasang sisi sejajar trapezium
4.   Gabungkan kedua trapesium tersebut sehingga berbetuk jajar genjang !
5.   Sisi sejajar trapesium (a dan b) sekarang bergabung menjadi sisi alas jajar genjang
6.   Masih ingat rumus Luas jajar genjang ?
7.   Dua trapesium tersebut sudah berbentuk  jajar genjang
8.   Karena Rumus Luas jajargenjang adalah axt
9.   Maka Luas dua trapesium tersebut adalah
    = jumlah sisi sejajar x tinggi
     Sehingga,  Luas satu trapesium adalah
  
Jadi, Luas trapesium adalah   = t x jumlah sisi sejajar

       Sisi “ a “ 2 satuan
       
  Tinggi trapesium 2 satuan
     
               Sisi “ b “ 5 satuan



 
              
2.    KELILING TRAPESIUM
Keliling trapesium adalah jumlah semua sisi trapesium. Maka, keliling trapesium :
Keliling = sisi a + sisi b + sisi c +sisi d
E.     PENANAMAN  KONSEP
a.       Media Yang Diperlukan
Kertas lipat atau  kertas berpetak  berbentuk persegi panjang, dan penggaris.
b.      Kegiatan Pembelajaran
1.    Sebagai pengantar, siswa diingatkan kembali tentang luas persegi panjang serta bangun trapesium dan ciri cirinya.
2.    Bersama dengan guru,siswa melipat kertas sehingga berbentuk petak – petak berbentuk persegi dalam kertas tersebut. Se lanjutnya, siswa diperintahkan membuat garis pada bekas lipatan dengan menggunakan penggaris.






















3.    Siswa kemudian diberi serangkaian pwrtanyaan berikut:
a.    Berapa jumlah persegi kecil yang ada pada bangun persegi panjang tersebut? ( jawaban yang diharapkan: 20 persegi )
b.   Bagaimana cara menghitung  jumlah persegi tersebut? ( jawaban yang diharapkan: p x t atau 5 x 4 = 20 ).
4.    Persegi panjang tersebut kemudian dipotong dan ditempel pada bagian lain, seperti terlihat pada ilustrasi. Jumlah persegi kecil pada bangun trapesium sama dengan jumlah persegi kecil pada bangun persegi panjang.

                 di potong dan di tempel disisi lain








 























       Persegi panjang                                                          Trapesium

5.    Siswa kemudian diberi serangkaian pertanyaan untuk menganalisis hasil peragaan di atas.
a.    Berapaa jumlah persegi pada trapesium tersebut? ( jawaban yang  diharapkan = 20 persegi )
b.    Apakah luas trapesium sama dengan luas persegi panjang? (jawaban yang diharapkan = sama )
c.    Bagaimana cara mencari luasnya? ( jawaban yang diharapkan: pada persegi panjang luasnya 5 x 4 = 20 persegi, pada trapesium terdapat sisi 5 persegi. Sisi atas mempunyai 7 persegi )
d.   Bagaiman cara memperoleh persegi? (jawaban yang diharapkan: dengan menjumlahkan sisi atas dan sisi bawah, kemudian dibagi dua atau )
e.    Bagaiman cara mencari luas trapesium tersebut? ()
6.    Siswa dan guru kemudian berdiskusi tentang penamaan sisi atas dan sisi bawah bangun trapesium tadi, untuk dengan istilah ciri – ciri bangun trapesium yaitu 2 sisi sejajar, an penamaan lebar diganti dengan tinggi (t). Sebagai kesimpulan rumus untuk mencari luas trapesium menjadi :

 


7.    Ulangi kegiatan peragaan dengan ukuran kertas  yang berebeda, agar siswa lebih memahaminya. Perhatikan contoh berikut.

                         di potong dan di tempel disisi lain


 
























Luas persegi panjang  persegi.
Trapesium di atas mempunyai sisi sejajar 4 dan 8,
Serta tinggi 5, maka luas trapesium tersebut adalah:
x 5= 30 perse

Daftar Pustaka






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar